RSS
Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)

Minggu, 04 Oktober 2009

4. Karakteristik Cairan

Angga S. 09030tiumb@gmail.com

Karakteristik Cairan

Gas dapat dicairkan dengan mendinginkan pada tekanan tertentu. Cairan memiliki volume tetap pada temperatur tetap tetapi cairan tidak memiliki bentuk yang tet Satu gram air memiliki volume sekitar 1 cm3, tetapi uap air menempati volume 1,69 x 103 cm3 pada 373 K dan 1 atm. Pengamatan Pengamatan Asal gerakan Brown adalah tumbukan antara serbuk dan molekul air dan diinterpretasikan sebagai berikut: karena besaran dan arah tiap tumbukan yang mendorong serbuk sari bervariasi, partikel sebuk akan bergerak secara random. sifat cairan hanya akan dilihat dari sudut makroskopik.

Gambar 7.1 Gambaran skematik gerakan molekul dalam padatan, cairan dan gas. Dengan meningkatnya suhu, kecepatan gerakannya akan meningkat, dan dengan demikian energi kinetiknya juga meningkat sehingga lebih besar dari gaya tarik antarmolekulnya.

Volume gas dapat ditekan sementara volume cairan hampir tidak dapat ditekan sebab jarak antarmolekul jauh lebih pendek. Partikel gas berdifusi sebab gas bergerak dengan cepat. Molekul cairan bergerak dengan lebih lambat. Partikel dalam padat tidak pernah berdifusi sebab gaya antarmolekul demikian kuat sehingga energi kinetiknya tidak dapat mengatasinya.


Soal:

I. bagai manakah cara mencairkan gas ?

Jwb: Gas dapat dicairkan dengan mendinginkan pada tekanan tertentu.

II.berapakah volume yang dimiliki satu gram air?

Jwb: Satu gram air memiliki volume sekitar 1 cm3

III.tuliskan hasil pengamatan brown?

Jwb: karena besaran dan arah tiap tumbukan yang mendorong serbuk sari bervariasi, partikel sebuk akan bergerak secara random.

IV.gambarkan sifat cairan?

Jwb:

V.sebutkan perbedaan antara volume gas dan volume cairan?

Jwb:

Volume gas dapat ditekan sementara volume cairan hampir tidak dapat ditekan sebab jarak antarmolekul jauh lebih pendek. Volume gas dapat ditekan sementara volume cairan hampir tidak dapat ditekan sebab jarak antarmolekul jauh lebih pendek.

0 komentar:

Posting Komentar