RSS
Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)

Selasa, 13 Oktober 2009

3. Struktur Padatan Kristalin

Angga S. 09030tiumb@gmail.com

Struktur Padatan Kristalin

a. Susunan terjejal
Banyak senyawa, khususnya kristal logam dan molekular mempunyai sifat umum yang memaksimalkan kerapatannya dengan menyusun partikel-partiklenya serapat mungkin. Sruktur kristal semacam ini disebut dengan struktur terjejal. Susunan terjejal apapun akan memiliki sifat umum: (1) bola-bola itu akan menempati. 74% ruang yang tersedia; (2) setiap bola dikelilingi oleh 12 bola tetangganya; (3) enam bola dari 12 ada di lapis yang sama dan tiga di lapis atasnya dan tiga sisanya dari lapis di bawahnya. Jumlah bola yang beresentuhan dengan bola yang menjadi acuan disebut dengan bilangan koordinasi. Untuk struktur terjejal, bilangan koordinasi adalah 12, yang merupakan bilangan koordinasi maksimum. Dalam kasus ini, empat partikel dimasukkan dalam satu sel satuan.
Perak mengkristal dalam susunan kubus terjejal. Bila kristalnya dipotong seperti ditunjukkan di Gambar 8.5, satu bola akan terletak di pusat setiap muka kubus. Karena satu bola (satu atom) terletak di setiap pusat muka kubus, maka kisi ini disebut dengan kisi berpusat muka.

.

Gambar 8.4 Struktur terjejal
(a) Satu lapisan khas. Setiap bola dikelilingi oleh 12 bola lain. (b) Lapisan kedua yang mirip dengan lapisan pertama. Setiap bola akan menempati lubang yang terbentuk oleh tiga bola di lapis pertama. (c) setiap bola di lapisan ketiga akan terletak persis di atas lapisan pertama (susunan aba). (d) setiap bola di lapisan ketiga terletak di atas lubang lapisan pertama yang tidak digunaka oleh lapisan kedua (susunan abc).

I.apa yang di sebut dengan struktur terjejal ?
Jawab :yaitu suatu senyawa yang penyusuna partikelnya serapat munngkin.
II.berapa persenkah bola-bola menempati ruang yang tersedia ?
Jawab :sekitar 74%.
III.berapa banyakkah bola yang mengelilingi bola tetangganya ?
Jawab :sekitar 12 buah bola.
IV.apa yang dimaksut dengan susunan aba ?
Jawab :setiap bola di lapisan ketiga akan sama persis dengan lapisan pertama.
V.apa yang di maksut dengan susunan abc ?
Jawab:setiap bola dilapisan ketiga yang terletak di atas lapisan pertama yang tida di gunakan oleh lapisan kedua.

0 komentar:

Posting Komentar